Kamis, 08 Maret 2012

Kopi Luwak, Kopi Temahal dengan Citarasa Luar Biasa

Kopi Luwak Kopi Temahal dengan Citarasa Luar Biasa 150x150 Kopi Luwak, Kopi Temahal dengan Citarasa Luar BiasaKopi luwak atau kopi musang adalah salah satu jenis kopi yang paling mahal dan diproduksi amat sedikit.
Kopi ini dibuat dari biji buah kopi yang telah dimakan oleh luwak atau musang (Paradoxurus hermaphroditus).
Luwak memakan kopi karena mengincar daging buahnya.
Sesampainya di dalam perut, enzim proteolitik akan meresap ke dalam biji kopi.
Biji kopi kemudian melewati usus untuk dikeluarkan melalui kotoran musang.
Setelah dikumpulkan, dicuci, dikeringkan di bawah sinar matahari, dan dididihkan, biji kopi dari kotoran luwak tersebut akan menghasilkan aroma kopi yang lebih harum dan kepahitannya jauh lebih sedikit dibanding kopi biasa.
Kopi luwak tercatat sebagai kopi paling mahal sedunia karena proses ‘alami’ dan produksi yang sedikit menyebabkan harga kopi luwak menjulang tinggi (termahal).
Kopi luwak sebagian besar dihasilkan di pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi yang terletak di Indonesia juga sebagian di Filipina.
Kopi luwak diekspor ke Jepang dan Amerika Serikat dan disajikan pula di kedai-kedai di banyak negara Asia tenggara. Total produksi sangat bervariasi sehingga sulit menemukan angka yang tepat.
Popularitas kopi luwak juga mengundang minat presenter kelas dunia Oprah Winfrey. Pada tahun 2003, ia mempertunjukkan bagaimana cara membuat kopi luwak dalam acara reality show-nya.
Kopi luwak menjadi salah satu kopi favorit bagi pencinta kopi di seluruh dunia karena keunikannya.
Di Jepang dan Korea Selatan, begitu juga negara yang lain, kopi luwak telah terjual hingga 227 U.S. dollars per 0,5 kg.
Intinya, dari tiap biji kopi yang dikeluarkan dari kotoran luwak per kilonya dapat ditaksir hingga ratusan dollar.
Beberapa negara yang memiliki binatang luwak seperti Indonesia dan Filipina mengalami booming kopi yang disebut “Golden Bomb”.
Setelah penikmat kopi di Eropa, Amerika, dan Asia Timur mengetahui rasa unik yang terdapat pada kopi tersebut, permintaan kopi luwak terus meningkat secara drastis.[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar