Selasa, 17 Juli 2012

PENGARUH KONSENTRASI NATRIUM BENZOAT TERHADAP SIFAT KIMIA, MIKROBIOLOGI, DAN ORGANOLEPTIK SELAI NANAS LEMBARAN SELAMA MASA PENYIMPANAN
Oleh
Taufan Iman Raharjo1, Dyah Koesoemawardani2, dan Samsul Rizal2
ABSTRAK
Salah satu diversifikasi produk buah nanas adalah pembuatan selai nanas lembaran yang merupakan hasil modifikasi selai semi padat yang semula hanya dikemas dalam plastik atau botol kini dibentuk menjadi lembaran-lembaran yang kompak, plastis, dan tidak lengket. Masalah yang terjadi dalam pembuatan selai nanas lembaran adalah daya simpannya yang relatif pendek. Penambahan konsentrasi natrium benzoat pada selai nanas lembaran digunakan untuk menghambat aktivitas mikroba sehingga dapat memperpanjang masa simpan selai nanas lembaran. Untuk mendapatkan daya simpan yang optimal tanpa merusak kualitas yang terkandung pada selai nanas lembaran maka diperlukan penambahan konsentrasi natrium benzoat yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan konsentrasi natrium benzoat yang dapat menghasilkan selai nanas lembaran dengan sifat kimia, mikrobiologi, dan organoleptik terbaik selama penyimpanan.
Penelitian ini menggunakan perlakuan faktorial dalam rancangan acak kelompok lengkap (RAKL) dengan dua faktor dan tiga ulangan. Faktor pertama adalah konsentrasi natrium benzoat (K) terdiri dari empat taraf yaitu: 0% (K0), 0,03% (K1), 0,06% (K2), dan 0,09% (K3) (b/b), sedangkan faktor kedua adalah lama penyimpanan (M) selama 0 minggu (M0), 2 minggu (M1), dan 4 minggu (M2). Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam. Kesamaan ragam menggunakan uji Bartlett, kemenambahan data diuji dengan uji Tuckey dan analisis dilanjutkan dengan uji polinomial ortogonal pada taraf 1% atau 5%.
Sampai dengan lama penyimpanan 4 minggu maka penambahan konsentrasi natrium benzoat yang relatif terbaik adalah 0,09% dengan karakteristik pH 3,25, total padatan terlarut 73,33%, kadar air 29,99%, total kapang 2,4×102 CFU/g, warna 2,69 (kuning kecoklatan), rasa 2,67 (manis), aroma 2,75 (khas nanas), tekstur 2,91 (plastis) dan penerimaan keseluruhan 2,88 (suka).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar